Home » » Jenis-jenis jaringan komputer PAN, LAN, MAN, dan WAN

Jenis-jenis jaringan komputer PAN, LAN, MAN, dan WAN

Written By Agung Pramono on Sabtu, 16 Maret 2019 | 04.49

Ada banyak jenis-jenis jaringan komputer, seperti PAN (Personal Area Network), LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan WAN (Wide Area Network).

Jenis-Jenis jaringan diatas dibedakan berdasarkan luas area yang dijangkau. Pada artikel ini. Saya akan menjelaskan tentang jenis-jenis jaringan komputer.


Jenis Jenis Jaringan Komputer


1. PAN (Personal Area Network)

Merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk transmisi data antara perangkat pribadi seperti komputer, smartphone, personal digital assistant (PDA), perangkat peripheral dan lainnya.

PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasi interpersonal), atau untuk menghubungkan perangkat ke jaringan dengan tingkat yang lebih besar dan Internet (uplink) dimana salah satu perangkat “master” mengambil peran sebagai router internet.

Jaringan jenis ini akan memberikan fleksibilitas yang tinggi. Misalnya, memungkinkan Anda untuk:

• Mengirim dokumen dari laptop, atau smartphone ke printer melalui jaringan.

• Menonton film dari layanan streaming online dengan TV.

• Dan bisa untuk meng-upload foto/file dari komputer ke smartphone anda.


2. LAN (Local Area Network)

LAN (Local Area Network) merupakan tipe jaringan paling sederhana dan juga paling kecil ruang lingkupnya. Biasanya jaringan LAN hanya digunakan dalam ruang lingkup kecil, seperti satu ruangan, satu rumah, atau satu sekolah.


Dengan menggunakan model jaringan LAN, maka seluruh komputer dalam satu ruangan tersebut dapat terkoneksi satu sama lain. LAN ini merupakan jaringan yang kasat mata yang hanya berjalan pada radius beberapa meter saja, oleh sebab itu jaringan ini jaringan terkecil bila di bandingkan dengan lingkung jaringan lainnya.


Meski jaringan komputer LAN ini memiliki lingkup yang kecil namun speed yang dimilikinya tidak kalah dengan jaringan lainnya, jaringan LAN ini cukup stabil dengan penggunaan PC user yang standar dalam satu wilayah.

Salah satu kelebihan dari LAN lainnya dari jaringan LAN adalah biaya oprasional yang relatif kecil karena lebih sedikit menggunakan kabel yaitu hanya satu ruangan saja.


3. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN (Metropolitan Area Network) atau Jaringan Wilayah Kota merupakan Jaringan dalam suatu Kota yang menghubungkan beberapa lokasi penting seperti Kampus, Perkantoran, Pemerintahan, Rumah Sakit, dan lainnya.  Jaringan MAN sendiri merupakan gabungan dari beberapa LAN, dengan area jangkauan 10km sampai 50km. Jaringan dengan skala MAN juga biasa digunakan oleh Perusahaan / Pabrik yang memiliki cabang namun masih dalam satu kota, untuk menghubungkan cabang perusahaan yang satu dengan yang lain.



Teknologi yang digunakan oleh Jaringan Skala Kota ini antara lain : Asynchronous Transfer Mode (ATM), FDDI serta SMDS. Meskipun sekarang Teknologi ini bertahap mulai tergantikan oleh oleh Ethernet (LAN) yang saling terhubung. Namun, pada Penggunaan oleh Perusahaan, Jaringan ini dibangun melalui perantara sebuah Operator, karena biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit untuk membeli perangkat yang digunakan untuk membangun Jaringan ini.



4. WAN (Wide Area Network)

WAN (Wide Area Network)  merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN. Teknologi jaringan WAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya.


Jaringan WAN bisa terdiri dari berbagai Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN karena wilayah cakupan yang sangat luas sehingga jarak paling pendek yaitu 30km. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanam.

Itulah resume dari jenis-jenis jaringan komputer.

Semoga bermanfaat...😁Jenis-Jenis Jaringan Komputer: PAN, LAN, MAN, dan WAN
Share this article :

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Agung Pramono - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger