Home » » Topologi Tree Network

Topologi Tree Network

Written By Agung Pramono on Rabu, 20 Maret 2019 | 20.53


Topologi Tree Jaringan Kampus Margonda


Pada kesempatan kali ini saya membuat tugas topologi tree Jaringan di Gedung A & B

Gedung kampus A terdiri dari 9 Ruang & Gedung Kampus B terdiri dari 5 Ruang

Gedung Kampus A terdiri dari Lantai 4
Gedung Kampus B terdiri dari Lantai 2




Terdiri dari :
1.    1 Server pusat
2.    1 Router
3.    2 Switch
4.    9 PC di gedung A
5.    5 PC di gedung B

Dari gambar diatas Server pusat disambungkan ke gedung A, menggunakan 1 Switch yang menyambung langsung ke tiap PC di setiap ruang dari lantai 1 – 4 di gedung A. Dan gedung B disambungkan dari server pusat langsung dihubungkan ke 1 router yang menyambung ke 1 switch dan disambungkan langsung ke tiap PC di setiap ruangan 1 – 2  di gedung B. Menggunakan Topologi Tree.

Dibawah ini saya akan lebih menjelaskan Server, Router, Switch dan Topologi Tree.







Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan (network operating system).Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.
server dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungsinya , berikut jenis server
1. Server Aplikasi (Application server)
2. Server Data (Data Server)
3. Server Proxy (Proxy Server).

Tugas utama server adalah melayani komputer client, dan di bagi menjadi beberapa fungsi sesuai dengan jenis server.

router adalah suatu perangkat keras pada jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik itu jaringan yang sama maupun jaringan yang berbeda dari sisi teknologinya.
Ada juga yang menjelaskan bahwa pengertian router adalah suatu hardware jaringan komputer yang berfungsi untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet dari satu perangkat komputer ke perangkat lainnya, dimana proses tersebut disebut dengan routing.
Setiap router mempunyai fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol) yang dapat disetting sedemikian rupa sehinga dapat membagi IP address. Selain itu, pada router juga terdapat NAT (Network Address Translator) yaitu fasilitas yang memungkinkan suatu alamat IP atau koneksi internet dapat di-sharing ke alamat IP lain.


Switch adalah sebuah perangkat jaringan pada komputer yang memungkinkan untuk menghubungkan perangkat pada sebuah jaringan komputer dengan menggunakan pertukaran paket untuk menerima, memproses, dan mengirimkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya ataupun sebaliknya.
Switch dan hub memiliki perbedaan secara fungsi, dan perbedaanya terletak pada data yang dikirimkan. Switch hanya mengirim data ke perangkat yang dituju saja, dan tidak mengirimkan data yang sama ke semua perangkat yang berada pada jaringan tersebut. Sedangkan hub secara otomatis mengirimkan data ke semua perangkat yang terhubung pada jaringan. Itulah salah satu perbedaan switch dan hub yang terlihat sangat jelas.
Tidak hanya itu saja, Switch juga dapat diabaratkan sebagai jembatan data dengan banyak port yang menggunakan alamat dari hardware untuk memproses dan mengirimkan data ke layer kedua dari model OSI. Adapun beberapa jenis switch lain bahkan dapat memproses data pada layer ketiga dengan menambahkan fungsi routing yang biasanya memakai alamat IP untuk melakukan pengiriman paket. Karena itulah banyak yang menyimpulkan bahwa perangkat switch sebenarnya ada dua jenis, yakni switch layer dua dan switch layer tiga.
Istilah layer sebenarnya berdasar pada sebuah konsep model OSI, yang adalah susunan komunikasi pada jaringan komputer. Dan sususan layer tersebut dibagi menjadi 7 macam layer, dari mulai layer pertama physical, layer kedua data link, layer ketiga network, layer keempat transport, layer kelima session, layer keenam presentation, dan yang terakhir adalah application. Adapun jenis switch layer dua akan memproses data pada ke data link (layer kedua), sementara switch layer tiga akan memproses data ke network (layer ketiga). Setiap layer memiliki fungsi dan peranannya masing-masing. Kemudian data-data tersebut nantinya akan diteruskan ke layer-layer selanjutnya.



Topologi Tree adalah sebuah topologi jaringan komputer yang merupakan kombinasi dari topologi bus dan topologi star. Dalam menyusunannya topologi ini menggunakan topologi bus sebagai tulang punggung jaringan yang menghubungkan beberapa topologi jaringan star. Topologi jaringan tree juga banyak disebut dengan topologi bertingkat karena pada penggunaanya topologi tree digunakan untuk interkoneksi antar hirarki yaitu hirarki rendah untuk lokasi yang rendah, dan hirarki tinggi untuk lokasi yang tinggi.

Karakteristik dari topologi tree sendiri antara lain sebagai berikut :
1.    Topologi jaringan tree biasanya menggunakan kabel backbond sebagai kabel utama yang digunakan untuk penghubung jaringan.
2.    Perangkat Hub digunakan untuk pusat kendali dalam jaringan dan digunakan sebagai komunikasi data.


Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat.....😄😄



Source : 
https://www.it-jurnal.com/apa-yang-di-maksud-dengan-server/
https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/internet/pengertian-router.html
https://www.indoworx.com/pengertian-switch/
https://www.utopicomputers.com/pengertian-topologi-tree-serta-kelebihan-dan-kekurangannya/
               






  


Share this article :

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Agung Pramono - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger